RPP KURIKULUM 13 SD/MI KELAS 5 TEMA 1 SUBTEMA 1 - 4 PEMBELAJARAN 1 - 6 - REVISI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) >> Selamat sore rekan-rekan tenaga pendidik guru dimanapun anda berada, admin woyoedukasi.blogspot.com pada kesempatan ini membagikan share posting berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SD/MI Semester I Kelas 5 Tema 1 subtema 1-4 pembelajaran 1 - 6 Revisi 2017.
RPP KURIKULUM 13 SD/MI KELAS 5 TEMA 1 SUBTEMA 1 - 4 PEMBELAJARAN 1 - 6 - REVISI |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2 Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan.
|
4.1.1 Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan
manusia, siswa dapat menyebutkan
alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide
pokok setiap paragraf dalam
bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok
menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan
pengertian, fungsi, dan cara menentukan
ide pokok bacaan secara percaya diri.
D. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
·
Pada awal pembelajaran, guru
mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar
dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
·
Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
·
Biarkan
siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar
secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk
mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan
tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog
interaktif.
Hasil yang
Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih
lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2.
Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian
terhadap organ gerak.
A.
Ayo
Membaca
·
Siswa membaca bacaan berjudul Organ
Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif kegiatan membaca:
1.
Guru memberikan waktu selama 5 menit
dan siswa diminta dalam hati.
2.
Guru menunjuk satu siswa untuk
membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.
Bacaan tersebut dibaca secara
bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa gemar membaca.
-
Siswa
memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
-
Melalui
bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
· Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok
tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan
organ geraktersusun dalam sistem
gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki
kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya
dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-
Siswa
mampu menentukan ide pokok bacaan.
B.
Ayo
Menulis
·
Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara
mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah
ditentukan.
Alternatif Jawaban
1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari
dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif,
yakni otot. Tulang dan otot
memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan
organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari.
Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam,
menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa
melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas
sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang
meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik
gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun
gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi
-
sebuah
paragraf.
-
Siswa
mengetahui fungsi organ gerak.
-
Siswa
dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.
C. Ayo
Berdiskusi
· Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi
1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan
mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih
para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak
yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi.
Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk
didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang
terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan
oleh peserta diskusi. Notulis
juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya
berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru
mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk
menarik kesimpulan.
7. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan
pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif Jawaban
-
Ide
Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah
paragraf.
-
Fungsi
Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-
Cara
menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu,
menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide
pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
§ Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan
ide pokok dari sebuah bacaan.
§ Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok
serta menghargai pendapat orang lain.
·
Pada
kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
·
Cara
membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang
disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
·
Setelah
membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan
yang dirasa mendekati kebenaran.
·
Siswa
meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
·
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian
atau peristiwa.
-
Kemandirian
dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
-
Kemandirian
dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
organ gerak manusia dan hewan.
Catatan :
·
Kegiatan
ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
·
Pada
ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
·
Sebagai
tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN
sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang
dicapainya.
C. Keja Sama Dengan Orang Tua
·
Dengan
bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil yang diharapkan
-
Mengetahui
organ gerak hewan.
-
Menambah
rasa ingin tahu.
-
Kerja
sama.
-
Keterampilan
mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Itulah sekilas gambaran tentang RPP Semester I Kurikulum 2013 Revisi 2017, untuk lebih detailnya silahkan unduh filenya.
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 s.d 4 Pembelajaran 1 - 6 semester I revisi 2017 ini kami kemas dalam format file Microsoft Word (doc) sehingga bapak ibu akan lebih mudah untuk di edit dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Link Download :
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 1.doc
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 6.DOC
Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya, dan silahkan kunjungi untuk RPP Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 1 - 4 Pembelajaran 1 - 6. Terimakasih.
Belum ada Komentar untuk "RPP KURIKULUM 13 SD/MI KELAS 5 TEMA 1 SUBTEMA 1 - 4 PEMBELAJARAN 1 - 6 - REVISI"
Posting Komentar