4 PERLINDUNGAN GURU ~ PERMENDIKBUD RI NOMOR 10 TAHUN 2017










File Download :

Salam Edukasi... !!!

Ini dia jaminan keselamatan bagi pendidik dan tenaga pendidik (guru) dalam melaksanakan tugasnya sudah mendapatkan payung hukum, yang mana telah di atur dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 10 Tahun 2017 yaitu tentang Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Dikeluarkannya payung hukum berupa Permendikbud tersebut merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap guru (pendidik) dan Tenaga Kependidikan dalam menjalankan tugasnya. Permendikbud ini diteken pada 28 Februari 2017.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 ini ada empat perlindungan yang didapatkan oleh pendidik dan tenaga pendidik. Keempatnya meliputi, perlindungan hukum, profesi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan hak atas kekayaan intelektual.

Dengan permendikbud ini, akan lebih memberikan jaminan perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang menghadapi permasalahan terkait pelaksanaan tugasnya.

1. Perlindungan Hukum
Perlindungan hukum bagi Pendidik (guru) dan Tenaga Kependidikan, mencakup perlindungan terhadap tindak kekerasan; ancaman; perlakuan diskriminatif; intimidasi; dan perlakukan tidak adik. Baik yang dilakukan oleh peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi, maupun pihak-pihak lainnya.

2. Perlindungan Profesi
Perlindungan profesi bagi guru (pendidik) dan tenaga kependidikan, mencakup perlindungan terhadap:
1.  pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
2.  pemberian imbalan yang tidak wajar; 
3.  pembatasan dalam menyampaikan pandangan;
4.  pelecehan terhadap profesi; 
5.  pembatasan atau pelarangan lain yang dapat menghambat Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan tugas.

3. Perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Seorang pendidik dan tenaga kependidikan wajib mendapatkan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Perlindungan ini mencakup perlindungan terhadap resiko:
1.  gangguan keamanan kerja;
2.  kecelakaan kerja;
3.  kebakaran pada waktu kerja;
4.  bencana alam;
5.  kesehatan lingkungan kerja;
6.  risiko lain

4. Perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual
Perlindungan hak atas kekayaan intelektual bagi pendidik dan tenaga kependidikan meliputi perlindungan terhadap hak cipta dan hak kekayaan industri.

Untuk mempelajari dan menyimak secara lengkap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan,

Silakan   >>>> Download Di Sini <<<<<

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan diharapkan para pendidik dan tenaga kependidikan lebih tenang, tentram, dan terjamin selama menjalankan tugasnya mencerdaskan anak-anak bangsa.


Belum ada Komentar untuk "4 PERLINDUNGAN GURU ~ PERMENDIKBUD RI NOMOR 10 TAHUN 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel