DOWNLOAD ~ RPP KURIKULUM 2013 SMP/MTs SEMUA MAPEL EDISI REVISI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMP Kurikulum 2013 Edisi RevisiMengawali tahun pelajaran baru 2018/2019, bagi tenaga pengajar guru jenjang pendidikan SD, SMP, SMA tentunya harus mempersiapkan diri dengan membuat perangkat pembelajaran diantaranya adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP dibuat dan di susun sebagai implementasi pelaksanaan Proses Belajar Mengajar yang akan di sajikan kepada peserta didiknya di kelas.

RPP KURIKULUM 2013 SMP/MTs SEMUA MAPEL EDISI REVISI
RPP KURIKULUM 2013 SMP/MTs SEMUA MAPEL EDISI REVISI
RPP di susun dengan mempertimbangkan beberapa aspek dan ketentuan yang ada menurut aturan dan kriteria penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun RPP yang baik dan benar dan berkwalitas sangat di harapkan oleh kita, karena dengan demikian akan mempermudah kita dalam menyajikan materi didik kepada peserta didik di kelas. Untuk menyusun RPP yang baik dan benar harus memenuhi beberapa aspek tentang cara-cara penyusunan RPP Kurikulum 2013.
PRINSIP PENYUSUNAN RPP SMP KURIKULUM 2013
Prinsip penyusunan RPP Kurikulum 2013 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.

RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, serta kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

2. Berpusat pada peserta didik.

Hendaknya Guru memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar.
Guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat.
Melainkan sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik.
Terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik.

3. Berbasis konteks
  • Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat).
  • Guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik.
  • Mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global.
  • Pembelajaran dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.
4. Berorientasi kekinian
  • Adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
  • Guru yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”.
  • Bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya.
  • Termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran.
PEDOMAN PENYUSUNAN RPP SMP KURIKULUM 2013
5. Mengembangkan kemandirian belajar.
  • Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa).
  • Selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri.
6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
  • RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
7. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antar muatan.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi.
  • Dan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, serta sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi .
  • Secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet.
  • Guru harus dapat menunjukkan kepada siswa tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
KOMPONEN RPP
Komponen dan sistematika RPP yang dikembangkan mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Adapaun komponen yang RPP adalah sebagai berikut:
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok, Sub Materi (kalau ada);
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar, dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional sehingga dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan penilaian hasil pembelajaran.
Itulah sekilah tentang prinsip, pedoman dan Komponen RPP sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, selanjutnya marilah kita  mencoba membuat dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang baku.

Kembali pada pokok materi posting kali ini tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi , bagi bapak dan ibu pendidik di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama SMP/MTs, yang lagi sibuk menyusun RPP, maka yang kami sampaian ini dapat dijadikan acuan atau referensi bapak ibu dalam menyusun RPP, atau bagi bapak ibu yang belum menyusun RPP sama sekali dapat di pergunakan dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini kami rekomendasikan dari laman web  http://www.mie-indonesia.com/ setelah dari beberapa visitor kami menanyakan materi RPP  untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 pada semua mata pelajaran.

Untuk memiliki materi RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs Versi Revisi pada semua mata pelajaran dapat di download pada tabel download yang sudah admin persiapkan untuk anda semuanya di bawah ini.

TABEL DOWNLOAD
RPP KURIKULUM 2013 SMP/MTs  KELAS VII, VIII DAN IX EDISI REVISI
NO.
RPP MATA PELAJARAN
KLS. VII
KLS. VIII
KLS. IX
1
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris
3

Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA)
4
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
5
Matematika
6
PJOK
7
PKn
8
Prakarya Kls. VII  dan VIII
9
Prakarya Kls. IX  -  Aspek Budaya
10
Prakarya Kls. IX  -  Aspek Kerjajinan
Download
11
Prakarya Kls. IX  -  Aspek Pengolahan
12
Prakarya Kls. IX  -  Aspek Rekayasa

Sumber materi : http://www.mie-indonesia.com/

Bapak dan ibu perlu di perhatikan apabila sudah berhasil mendownload materi RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs Versi Revisi pada Tabel Download di atas jangan lupa ketika membuka filenya wajib memasukkan paswordnya  yaitu mie.

Berikut petunjuk membuka file downloadnya :



Demikian semoga bermanfaat, sampai ketemu kembali dengan woyoedukasi.blogspot.com dengan materi yang lebih update, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD ~ RPP KURIKULUM 2013 SMP/MTs SEMUA MAPEL EDISI REVISI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel