DOWNLOAD SOAL PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS I TEMA 1 - 4 SUBTEMA 1 - 4 TERBARU

Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 1 s.d 4 Subtema 1 s.d. 4  >> Salah satu tugas dari tenaga pendidik (guru) adalah mengadakan evaluasi penilaian hasil pembelajaran kepada peserta didiknya. Evaluasi pendidikan dilakukan untuk mengukur kemampuan dan daya serap siswa didalam menyerap pelajaran yang diberikan.


SOAL PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS I TEMA 1 - 4 SUBTEMA 1 - 4  TERBARU
SOAL PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS I TEMA 1 - 4 SUBTEMA 1 - 4  TERBARU
 Evaluasi penilaian hasil belajar dilaksanakan oleh guru dengan melakukan kegiatan penilaian ulangan harian. Berikut ini admin sampaikan penjelasan tentang Pengertian, Prosedur, waktu pelaksanaan dan manfaat Ulangan, seperti yang kami paparkan pada  penjelasan di bawah ini :

Pengertian UlanganHarian 

Ulangan Harian adalah : kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Bentuk penilaiannya berupa tes, non tes atau gabungan tes dan non tes. Hasil dari ulangan harian menjadi Nilai Harian (NH).

Prosedur Ulangan Harian 

Prosedur penilaian ulangan harian dilakukan secara terus menerus pada proses pembelajaran untuk melihat kemajuan kompetensi peserta didik. Dalam proses pembelajaran nilai harian ditentukan berdasarkan nilai tes kompetensi (dalam kelas biasa jika suatu guru menyebut dengan istilah “ulangan”) dan nilai tugas harian yang diambila dari nilai non tes berupa PR, tugas mandiri, pengamatan, portofolio dll.

Pelaksanaan :

Pelaksanaan ulangan harian didasarkan pada SK atau KD. Misalnya jika sebuah mata pelajaran mempunyai 5 SK maka akan 5 Ulangan Harian atau 5 Nilai Harian. Jadi nilai harian adalah nilai SK atau nilai KD. Penilaian di SMP dan MTs, nilai harian dilakukan berdasarkan jumlah SK. Sehingga jika suatu mata pelajaran mempunyai 9 SK maka pendidik harus melakukan pengukuran untuk mendapatkan 9 nilai harian. Untuk SMA penilaian nilai harian biasanya dilakukan berdasarkan pokok bahasan. Misalnya Matematika mempunyai 4 pokok bahasan, maka nilai harian yang harus diambil ada 4, yaitu NH1, NH2, NH3 dan NH4 yang masing-masing merupakan nilai harian dari misalnya Dimensi Tiga, Logika Matematika, Persamaan Kuadrat dan Trigonomteri.

Manfaat Ulangan :

Bagi Siswa :
  1. Menghargai pentingnya waktu, siswa yang akan melaksanakan ujian harus mengetahui waktu kapan jadwal ujian akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar diperpustakaan, belajar kelompok, belajar dirumah, atau bahkan belajar dibimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke sekolah/kelas untuk ujian.
  2. Memahami arti pentingnya belajar, melalui ulangan, apabila siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. jika tidak belajar dapat dipastikan remedial. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siswa dan ada rasa bangga bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengikuti remedial. Dengan demikian akan memahami secara mendalam pentingnya belajar.
  3. Memiliki rasa tanggungjawab, melalui ujian siswa harus bertanggungjawab, belajar adalah suatu keharusan apabila ingin menjadi yang terbaik, apabila tidak belajar maka nilainya rendah dan harus remedial. Apabila mencontek siap mendapatkan sanksi karena sudah berbuat curang. Dengan demikian siswa akan memahami bahwa dirinya harus bertanggungjawab terhadap pelajaran yang akan ujian, sehingga dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain.
  4. Melatih kejujuran, ujian melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain.
  5. Menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil usaha setelah belajar.
  6. Semangat juang, melalui ujian siswa dituntut memiliki semangat Juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar maksimal hasilnya mendekati akan harapan.
  7. Mengetahui cara meraih prestasi, melalui ulangan siswa dapat mengetahui step-step bagaimana meraih prestasi terbaik dalam hal perolehan nilai tertinggi sehingga berpeluang menjadi juara kelas. Hal tersebut juga dapat diaplikasikan pada bidang lainnya dalam kehidupan mereka bahwa untuk meraih prestasi apapun harus ada perencanaan yang matang dan proses yang baik.


Bagi Guru :
  1. Dapat mengetahui siswa mana yang sudah berhak melanjutkan pelajarannya dan siswa mana yang belum berhasil menguasai bahan.
  2. Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa atau belum, apabila materi tepat maka diwaktu akan datang tidak perlu diadakan perubahan.
  3. Guru akan mengetahui metode yang digunakan sudah tepat atau belum. Jika hasil yang diperoleh sebagian besar siswa mendapatkan nilai bagus maka metode sudah tepat sebaliknya bila sebagian besar hasil yang diperleh siswa buruk maka metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan kalau perlu diganti.
Contoh Soal Penilaian harian :

Berikut kami bagikan Soal Penilaian Harian SD/MI Kelas 2  Tema 1 sampai dengan 4, Subtema 1, 2, 3, 4, yang dapat bapak dan ibu miliki dengan mendownload pada link download di bawah ini secara gratis.


SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS II TEMA 1 SD. 4

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD SOAL PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS I TEMA 1 - 4 SUBTEMA 1 - 4 TERBARU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel