MULOK BAHASA JAWA KURIKULUM 2013 SD,SDLB/MI, SMP,SMPLB/MTs, SMA,SMALB/SMK - WOYOEDUKASI

Muatan Lokal (MULOK) Bahasa Jawa Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs,SMA/SMK Jawa Tengah : Muatan Lokal atau disebut dengan MULOK dalam dunia pendidikan merupakan ciri khas daerah. Oleh karenanya pada setiap daerah mempunyai mata pelajaran Muatan Lokal sendiri-sendiri, seperti halnya untuk wilayah Jawa (Jawa Tengah) yang kesehariannya mempergunakan bahasa jawa mempunyai mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa, demikian juga untuk daerah daerah yang lainnya seperti daerah yang mempergunakan bahasa kesehariannya dengan bahasa Sunda, sudah barang tentu juga memiliki mata pelajaran muatan lokal Bahasa Sunda dan lain sebagainya.

Pelaksanaan Muatan Lokal dikemas dalam sebuah kurikulum pembelajaran yaitu Kurikulum Muatan Lokal, berikut admin sampaikan penjelasan tentang Kurikulum Muatan Lokal yang dipergunakan dalam pembelajaran.

Pengertian Kurikulum Muatan Lokal :
Kurikulum Muatan Lokal adalah kurikulum yang disusun berdasarkan kebutuhan daerah yang bahan kajian dan pelajarannya disesuaikan dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi serta kebutuhan pembangunan, daerah yang diorganisasikan dalam mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Tujuan Kurikulum Muatan Lokal Adalah :
  1. Memperkenalkan peserta didik kepada lingkungannya sendiri, ikut melestarikan budaya daerahnya termasuk kerajinan, keterampilan yang menghasilkan nilai ekonomi di daerahnya. 
  2. Memberikan bekal kemampuan dan keterampilan untuk hidup di masyarakat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta dapat menolong diri sendiri dan orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat Kurikulum Muatan Lokal
Pembelajaran ini memberi banyak peluang yang alamiah untuk berbagai keterampilan “Kehidupan” seperti kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan dan menilai informasi, dan kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan suatu kebiasaan bekerja sama yang dapat menyelaraskan antara bekerja sama yang dapat menyelaraskan antara bekerja dengan berbagi tanggung jawab dan bekerja mandiri. Kemampuan-kemampuan ini memberi sumbangan yang besar kepada tercapainya tujuan-tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Dengan kegiatan simulasi pengembangan komponen lingkup pembelajaran mahasiswa sebagai guru dan murid SD/ serta pelaksanaan berbagai kegiatan pengembangan yang sesungguhnya yang mampu menciptakan anak aktif dan kreatif.

Sesuai dengan judul postingan kali ini tentang  Muatan Lokal (MULOK) Bahasa Jawa Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Jawa Tengah berikut ini kami sampaikan materi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa untuk jenjang pendidikan SD,SDLB/MI, SMP,SMPLB/MTs, SMA,SMALB/MA dan SMK yang dapat dipergunakan sebagai acuan dalam pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa.

Pemberlakuan Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa (Jawa Tengah) diatur sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor : 423.5 /14995 tanggal 4 Juni 2014

Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa SD/MI.



Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa SMP/MTs.


Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa SMA/SMK.


Apabila membutuhkan file tentang Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa SD,SDLB/MI, SMP,SMPLB/MTs, SMA,SMALB/MA dan SMK dapat di unduh gratis pada link tautan di bawah ini :
Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor : 423.5 /14995 tanggal 4 Juni 2014
Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa SD,SDLB/MI 
Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa SMP,SMPLB/MTs.
Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa SMA,SMALB/SMK
Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "MULOK BAHASA JAWA KURIKULUM 2013 SD,SDLB/MI, SMP,SMPLB/MTs, SMA,SMALB/SMK - WOYOEDUKASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel