INI FORMAT ADMINISTRASI KELAS SD/MI LENGKAP - DOWNLOAD

Salam Edukasi... !!

Selamat ketemu kembali dengan kami woyoedukasi.blogspot.com. Salam sejahtera untuk kita semuanya dimanapun berada, kesempatan ini kami akan berbagi share posting tentang Administrasi Kelas. Khususnya buat rekan-rekan guru kelas dengan posting ini kami harapkan dapat memberikan inspirasi bagi rekan guru untuk melengkapi Administrasi yang berhubungan dengan kelasnya masing-masing.
Apa itu Administrasi Kelas ?

Kelas merupakan ruangan yang terdapat dilembaga pendidikan sebagai wadah atau tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menstransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik (siswa), sehingga terjadilah perubahan tingkah laku. Agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa Administrasi Kelas.


Dengan adminitrasi atau pengelolaan kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik, yang memungkinkan terjadinya hasil yang baik pula, dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. 

Delapan Aspek Pengelolaan Kelas (Depdiknas 1995:11) antara lain;
  1. Mengecek kehadiran siswa
  2. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa dan menilai pekerjaan siswa tersebut
  3. Pendistribusian bahan dan alat
  4. Mengumpulkan informasi dari siswa mencatat data siswa
  5. Pemeliharaan arsip
  6. Menyampaikan materi pembelajaran
  7. Memberikan Tugas atau PR
Dari bidang garapan administrasi pendidikan merupakan kegiatan catat mencatat (Recording) dan lapor melapor (Resporting) seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas yang meliputi sebagai berikut:

  1. Buku Supervisi
  2. Buku Penerimaan dan pengambilan raport
  3. Buku Penilaian
  4. Daftar hadir siswa (Absensi)
  5. Buku Penilaian
  6. Buku mutasi siswa
  7. Buku Notulen rapat
  8. Jadwal Pelajaran
  9. Buku keuangan (Kas Kelas)
  10. Papan Absenso Harian
  11. Buku Tamu Orang tua siswa
  12. Denah Tempat duduk siswa
  13. Buku BP
  14. Daftar Inventaris kelas
  15. Buku UKS atau berobat
  16. Kalender pendidikan Diknas dan Kalender Pendidikan Sekolah

REKOMENDASI KAMI  :


Dari pengertian Administrasi kelas di atas, maka begitu pentingnya kelengkapan administrasi kelas dalam proses pembelajaran pada satuan pendidikan, untuk itu bagi  rekan-rekan yang berkompeten di bidang pembelajaran, seyogyanya untuk melengkapi administrasi kelas masing-masing.

Berikut ini admin sampaikan contoh-contoh format kelengkapan Administrasi Kelas yang dapat di lihat pada view tayangan berikut :

CONTOH FORMAT ADMINISTRASI KELAS



Itulah beberapa contoh lengkap Administrasi Kelas untuk satuan pendidikan SD/MI yang dapat kami sampaikan dan apabila kalian belum melengkapi Administrasi Kelasnya, silahkan untuk mengunduh contoh format Administrasi Kelas di bawah ini :

Link Unduhan  :
Format Lengkap Administrasi Kelas -  Doc.   ( KLIK )
Format Lengkap Administrasi Kelas -  Pdf.    ( KLIK )

Download Juga : 
Administrasi Kelas, Sekolah dan Pendidikan  

Demikian yang kami sampaikan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di woyoedukasi.blogspot.com sampai ketemu lagi dengan materi ter up-date lainnya. 

Belum ada Komentar untuk "INI FORMAT ADMINISTRASI KELAS SD/MI LENGKAP - DOWNLOAD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel