NEW BUKU PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH - DOWNLOAD

Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah :  Sahabat Edukasi woyoedukasi.blogspot.com yang berbahagia, berikut kami berbagi materi tentang Buku Panduan Kerja untuk Kepala Sekolah/Madrasah, yang dapat di miliki sebagai panduan bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai managerial di Sekolah.


BUKU PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
 BUKU PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
Kepala Sekolah adalah Seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Dengan ini Kepala Sekolah dapat disebut sebagai pemimpin di satuan pendidikan yang tugasnya menjalankan menajemen satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Dalam melaksanakan tugas nya sebagai Kepala Sekolah , seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi diantaranya adalah :
  • Kompetensi Kepribadian, 
  • Kompetensi Manajerial, 
  • Kompetensi Kewirausahaan, 
  • Kompetensi Supervisi, dan 
  • Kompetensi Sosial.
Bagi Bapak/Ibu yang diberi amanah untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah/Madrasah yang ingin melaksanakan tugas secara optimal selaku penanggungjawab tertinggi dalam lingkungan sekolah/madrasah yang dipimpinnya, haruslah memiliki kompetensi yang baik dalam pelaksanaan tugasnya. Salah satu dokumen penting yang harus dipelajari sebagai acuan petunjuk teknis yaitu Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah yang diterbitkan Kemdikbud pada bulan April 2017.

Buku tersebut merupakan buku sebagai Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah, sebagaimana telah dipaparkan pada kata pengantar buku tersebut oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bahwasannya berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan seperti tersebut diatas. 

Seiring dengan perkembangannya maka perubahan masih tetap berjalan, sehingga pada tahun 2015, dalam rangka pemetaan kompetensi Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi Kepala Sekolah yang diikuti oleh 166.333 kepala sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. 

Nilai rerata 3 kompetensi Kepala Sekolah adalah 56,37, untuk dimensi manajerial adalah 58,55, untuk dimensi supervisi pembelajaran adalah 51,81, untuk dimensi kewirausahaan adalah 58,75. Data tersebut menunjukkan bahwa Kepala Sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi. 

Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah /Madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut. 

Seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan, Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah/madrasah. Tugas ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan kompetensi Kepala Sekolah. Panduan kerja ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan. Dan buku yang setebal 606 halaman ini tetap akan menjadikan pedoman bagi seorang guru yang menjabat kepala sekolah, yang nantinya akan dikembangkan pada Permendikbud nomor 6 Tahun 2018. 


Untuk lebih memahami isi Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah dapat di lihat pada View Tayangan berikut ini :

PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH



Membutuhkan file tentang Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah dapat mengunduh pada link download dibawah ini dalam format file DOCX 


Sumber materi :
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah Edisi 2017. Diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Materi Terkait :

- Lampiran Permendiknas 13 tahun 2017

Demikian ulasan singkat materi Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah ini, semoga bermanfaat, dan salam buat rekan-rekan semuanya. Terima kasih anda tetap menjadi pengunjung setia kami, sehingga selalu mengupdate berbagai artikel terkait pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "NEW BUKU PANDUAN KERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH - DOWNLOAD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel