DOWNLOAD PEDOMAN/JUKNIS O2SN SMK 2019 - REGULASI

PEDOMAN O2SN SMK 2019

Pedoman-Juknis Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 : Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan peserta didik SMK dan mengasah kemampuan aspek psikomotor, aspek efektif serta aspek kognitif, maka peserta didik selain mendapatkan materi pendidikan jasmani dan kesehatan secara intrakurikuler, peserta didik perlu dimotivasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan dimaksud bermanfaat juga untuk mengembangkan otak kanan dan otak kiri pada diri seseorang.


 PEDOMAN/JUKNIS O2SN SMK 2019
 PEDOMAN/JUKNIS O2SN SMK 2019
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMK Tahun 2019. Program yang telah menjadi agenda tahunan sejak tahun 2005 ini akan dilaksanakan tanggal 25 s.d. 31 Agustus 2019 di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Siswa SMK diharapkan tidak hanya terampil namun juga harus bugar, karena derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sehingga diharapkan hasil kerja akan semakin produktif dengan semakin meningkatnya derajat kesehatan jasmani.

Sejalan dengan program pembinaan prestasi dibidang olahraga, maka melalui Olimpiade Olahraga Tingkat Nasional (O2SN) diharapkan dapat memacu kemajuan prestasi dibidang olahraga dan siswa/siswi SMK akan semakin bugar, kian terampil, memiliki mental yang kuat dan efisien dalam kerjanya.

JENIS PERTANDINGAN O2SN 2019

Pada O2SN Jenjang SMK Tahun 2019 mempertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: 

  1. Bulutangkis, 
  2. Karate, 
  3. Pencak Silat, 
  4. Atletik, dan 
  5. Renang. 

Pelaksanaan seleksi kelima cabang olahraga tersebut dimulai dari tingkat sekolah, provinsi dan di lanjutkan pada tingkat Nasional.


TUJUAN  :

Tujuan dilaksanakan O2SN Jenjang SMK adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat dan minat di cabang olahraga, sehingga siswa dapat meningkatkan skill dan kemampuan sesuai bidangnya. Kegiatan ini sekaligus juga dalam upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan. O2SN menambah kepercayaan bahwa olahraga bukan hanya tentang raga yang sehat.

  1. Menjaring siswa unggul pada jenjang pendidikan menengah kejuruan tingkat provinsi dalam bidang olahraga untuk kompetisi di tingkat nasional;
  2. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan siswa SMK secara jasmani maupun rohani;
  3. Meningkatkan motivasi siswa SMK dalam penguasaan bidang olahraga;
  4. Memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga, pada jenjang pendidikan menengah kejuruan;
  5. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia;
  6. Memberikan kesempatan kepada siswa jenjang pendidikan menengah kejuruan untuk mengenali keragaman budaya dan adat istiadat dari berbagai wilayah di Indonesia;
  7. Meningkatkan kreativitas siswa jenjang pendidikan menengah kejuruan.
  8. Menanamkan, melaksanakan dan menyebarluaskan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan: saling menghormati, keunggulan, dan persahabatan, sportivitas.
Agar pelaksanaan O2SN jenjang SMK dapat berjalan dengan baik dan lancar maka Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan perlu memberikan informasi dalam bentuk Pedoman Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMK kepada penyelenggara daerah sehingga pelaksana seleksi di tingkat provinsi sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh pengurus besar KONI cabang olahraga terkait.

Pedoman ini disusun sebagai acuan pelaksanaan O2SN Jenjang SMK Tahun 2019 bagi pelatih, wasit/juri, official, dan peserta, agar sekolah maupun provinsi dapat melakukan persiapan sehingga penyelenggaraan pertandingan/perlombaan di tingkat Nasional berjalan sesuai dengan tata cara dan aturan yang telah disepakati bersama.

Sumber :   Buku Pedoman O2SN SMK 2019 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lebih detail tentang Pedoman-Juknis Olimpiade Olahraga Siswa Nasional SMK Tahun 2019 Buku Pedoman-Juknis O2SN SMK 2019 dapat diunduh pada tautan download di bawah ini :

Link Unduhan : 
BUKU PEDOMAN-JUKNIS O2SN SMK 2019 
Untuk SMA Sederajat Buku Pedoman - Juknis O2SN SMA 2019 dapat di unduh  DISINI 

Semoga dengan diterbitkannya Pedoman O2SN SMK 2019 ini dapat dipergunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan O2SN SMK tahun 2019, Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD PEDOMAN/JUKNIS O2SN SMK 2019 - REGULASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel