DOWNLOAD-JURNAL MENGAJAR SD/MI KELAS 1 KURIKULUM 13 SEMESTER 2

Jurnal Mengajar SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tema 5 s.d. 8  :  Kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 untuk SD/MI dilaksanakan oleh tenaga pendidik/guru diantaranya adalah menyusun resume pembelajaran yang lebih dikenal dengan Jurnal Mengajar.  Jurnal mengajar disusun pada saat pembelajaran berlangsung.

JURNAL MENGAJAR SD/MI KELAS 1 KURIKULUM 13 SEMESTER 2
JURNAL MENGAJAR SD/MI KELAS 1 KURIKULUM 13 SEMESTER 2
Berikut ini kami sampaikan materi tentang contoh Jurnal Mengajar kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas 1 Semester 2 (Genap), yang dapat kalian unduh untuk dipergunakan sebagai referensi pembanding atau acuan bagi bapak dan ibu pendidik dalam menyusun resume/jurnal dalam pelaksanaan pembelajaran.

Jurnal mengajar SD/MI Kurikulum 2013 untuk SD/MI pada semester 2 ini memuat 4 (empat) tema utama sebagai berikut :
Tema 5 - Pengalamanku, 
Tema 6 - Lingkungan Bersih Sehat dan Asri, 
Tema 7 - Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku,                
Tema 8 - Peristiwa Alam, 

Jural mengajar atau jurnal pembelajaran (learning journal) yang sering disebut dengan jurnal reflektif merupakan sebuah dokumen yang secara terus meneruh bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh pendidik/guru untuk mencatat setiap perkembangan dan kemajuan belajarnya.

Jurnal mengajar dapat diartikan sebagai wadah untuk mencatat hasil refleksi peserta didik tentang pembelajaran yang telah diikutinya, jurnal mengajar ini tidak hanya berorientasi pada pembelajaran pada kemamuan akademik saja, jurnal mengajar dapat digunakan untuk menulis tentang pengalaman belajar, peserta didik terbiasa mengekspresikan perasaan pemikiran atau harapan tentan pembelajaran yang di sajikan oleh gurunya.
 Download Juga:  Format RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA - Terbaru
Isi Jurnal mengajar meliputi diantaranya sebagai berikut :

  • Butir-butir yang ditemukan, khususnya materi yang menarik dari yang dibaca oleh peserta didik dan tertarik untuk ditindaklanjuti lebih detail.
  • Pertanyaan yang muncul di benak peserta didik yang berkaitan dengan materi yang dibaca pada topik tertentu (bahan ajar)
  • Setelah pembelajaran di kelas (segera setelahnya, jika memungkinkan) adalah merupakan waktu yang paling tepat untuk membuat catatan untuk me-reinforce (mendorong dengan sekuat tenaga) hasil belajar peserta didik dengan mencoba mengingat apa inti yang telah diajarkan. Berpikir apa yang menjadi poin utama yang baru bagi peserta didik dari materi yang diajarkan hari ini. Peserta didik diminta oleh gurunya untuk menuliskan hal tersebut tanpa melihat buku pelajaran , kemudian membandingkan dengan buku, sekadar untuk menyakinkan apakah poin yang dibuat tersebut akurat;
  • Catatan di jurnal belajar dapat diambil dari materi lain yang dibaca, yang dikutip dari buku atau materi yang berkaitan, seperti artikel dalam surat kabar;
  • Catatan apa saja yang berkaitan dengan pokok bahasan, komentar peserta didik dalam bentuk satu atau dua kalimat terhadap pokok bahasan, yang ditemukan/dibaca yang berkaitan dengan materi pembelajaran;
  • Refleksi peserta didik terhadap materi dan kaitannya dengan kebutuhan peserta didik tersebut pada saat guru mengajar;
  • Bagaimana guru mengajarkan materi tersebut dan dikaitkan dengan apa yang diajarkan dengan cara yang berbeda;
  • Pemikiran peserta didik yang belum sepenuhnya terwujud tetapi peserta didik harus merumuskan kembali. Ini bisa meliputi perasaan peserta didik tentang materi dan perkembangan dan teori yang dikembangkan dalam pikiran peserta didik tersebut.
  • Setiap peserta didik diwajibkan memiliki jurnal belajar , yang dapat ditulis setiap hari atau seminggu sekali, setelah guru selesai mengajar.
  • Apakah materi tersebut sudah diketahui peserta didik sebelumnya? Hal-hal seperti itulah yang hendaknya dituliskan oleh peserta didik walaupun hanya satu atau dua paragrap.

Lebih lengkapnya agar bapak dan ibu tidak penasaran, berikut ini kami sampaikan tayangan tentang contoh jurnal mengajar jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 yang dapat di lihat seperti dibawah ini :


Naahhh..... selanjutnya apabila bapak dan ibu pendidik ingin memiliki contoh Jurnal mengajar SD/MI Kelas 1 (satu) Kurikulum 2013 Semester 2 (genap) tema 5 s.d. 8 dapat mengunduh pada tautan download yang sudah kami persiapkan untuk anda secara gratis di bawah ini :

JURNAL MENGAJAR JENJANG SD/MI KELAS 1 KURIKULUM 13 SEMESTER 2 TEMA 5, 6, 7, 8

Unduh - Jurnal mengajar  SD/MI Kelas 1 - Tema 5
Unduh - Jurnal mengajar  SD/MI Kelas 1 - Tema 6
Unduh - Jurnal mengajar  SD/MI Kelas 1 - Tema 7 
Unduh - Jurnal mengajar  SD/MI Kelas 1 - Tema 8  

Ini yang dapat kami sampaikan tentang Jurnal Mengajar SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 2 tema 5 s.d. 8, semoga membawa manfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih telah berkunjung di websit ini.

1 Komentar untuk "DOWNLOAD-JURNAL MENGAJAR SD/MI KELAS 1 KURIKULUM 13 SEMESTER 2"

  1. Do you understand there is a 12 word phrase you can say to your crush... that will trigger intense feelings of love and instinctual attraction to you deep inside his chest?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, look after and care for you with all his heart...

    12 Words That Trigger A Man's Desire Response

    This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to work better than ever before to build your relationship stronger.

    In fact, fueling this influential instinct is absolutely mandatory to having the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will immediately notice him expose his heart and mind for you in a way he haven't expressed before and he'll see you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel