CONTOH RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS 7, 8, 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2020

RPP Satu Lembar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7, 8 dan 9 Semester II Kurikulum 2013 : Langkah Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah di lakukan oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI (Nadiem Makariem) sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 14 Tahun 2019

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS 7, 8, 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2020
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS 7, 8, 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2020
Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 14 Tahun 2019, tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja guru dalam pembelajaran terutama dalam penyusunan Perangkat Pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Mengacu pada lampiran Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pada Bab III tentang Rencana Pembelajaran yang didalamnya memuat diantaranya adalah Rencana Pembelajaran, maka dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang perlu di perhatikan adalah sebagai  berikut :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas:
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi,
  9. sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sumber : 

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) wajib mempertimbangkan hal-hal sebagai beriktu :


  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Berikut kami sampaikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar sesuai dengan Permendikbud 14 tahun 2019 untuk SMP/MTs mapel BAHASA INDONESIA Kelas 7, 8 dan 9 pada Semester I dan II Kurikulum 2013.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah               : SMPN ...............................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VIII / Ganjil
MateriPokok       : Unsur-unsurTeksBerita
Alokasi Waktu    : 1 x Pertemuan

A. TujuanPembelajaran

Setelah mengikutipembelajaranteksberita, pesertadidik di harapkandapat :
1. Menjawabpertanyaantentangisiteksberitadenganbenar.
2. Menyimpulkanunsur-unsurberitasecarabenar.

B. Kegiatan Pembelajaran (Model Pembelajaran Discovery Learning)

Pendahuluan (15 menit)
1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.
2. Guru menanyakankabar dan mengecekkehadiransiswa.
3. Guru menyampaikantujuanpembelajaran yang ingindicapai.
4. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
5. Guru menyampaikanlingkupmateri, langkahpembelajaran, dan teknikpenilaian.

Kegiatan Inti (90 menit)
1. Salah satu siswa membacakan teks berita tentang kecelakaan di depan kelas.
2. Siswa menuliskan prediksi isi berita. (Literasi)
3. Siswa mengidentifikasi isi berita yang didengar.
4. Siswa bertanya jawab tentang isi berita yang didengar.
5. Guru menanyakan keterkaitan isi berita dengan materi yang akan diajarkan.
6. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat-lima orang.
7. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur berita yang didengarkan. (4C=Collaboration)
8. Siswa bersama kelompok menulis pokok-pokok berita sesuai dengan unsur teks berita yang ditemukan pada saat mendengarkan berita.
9. Siswa bersama kelompok menyusun kesimpulan teks berita. (HOTS)
10. Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C=communication)
11. Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Guru dan siswa menyampaikan kesimpulan dan refleksiterhadappembelajaran.
2. Guru memberikanumpanbalik dan pesan moral daripembelajaran.
3. Guru memberikanpenugasankepadasiswa.
4. Guru menyampaikanmateripembelajaranberikutnya.
5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.

C. Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasidalam proses pembelajaran
2. Penilaian Pengetahuan: Testertulisbentukuraian
3. PenilaianKeterampilan: Praktek

Mengetahui,                                                           ..................   2  Januari  2020
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran

……………………………                                   ..............................................
NIP ………………………                                    NIP. .................................
RPP 1 Lembar BAHASA INDONESIA SMP/MTs. 
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas VII Smt.1
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas VII Smt.2
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas VIII Smt.1
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas VIII Smt.2
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas IX Smt.1
RPP Bhs. Indonesia 1 Lembar Kelas IX Smt.2

RPP 1 Lembar IPS SMP/MTs. Kelas 9 Smt. 2
  1. RPP 1 Lembar IPS BAB 4 Kelas 9 SMP Kurikulum 2013
  2. RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Versi 1
  3. RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Versi 2

Demikian tentang RPP satu lembar mapel BAHASA INDONESIA SMP/MTs. Kurikulum  2013 Semester 1 dan 2 semoga bemanfaat. Terimakasih.

1 Komentar untuk "CONTOH RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS 7, 8, 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2020"

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Over 160 thousand men and women are utilizing a simple and SECRET "liquids hack" to burn 2lbs every night as they sleep.

    It is painless and it works every time.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Hold a clear glass and fill it with water half glass

    2) And now learn this weight losing hack

    you'll be 2lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel