UNDUH CONTOH SOAL PPG GURU DALAM JABATAN UNTUK GURU TK TAHUN 2018

Unduh Contoh Soal PPG Guru Taman Kanak-Kanak Tahun 2018 >>  Sesuai amanah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di terangkan sebagaimana bahwa Pendidikan Profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program Sarjana (S1) yang mempersiapkan peserta memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.
 SOAL PPG GURU DALAM JABATAN UNTUK GURU TK TAHUN 2018
 SOAL PPG GURU DALAM JABATAN UNTUK GURU TK TAHUN 2018
Selanjutnya di pertegas dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam pasal 8 dijelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.


Program PPG Dalam Jabatan merupakan implementasi perwujudan dari Undang-undang nomor 20 tahun 2003 dan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai langkah untuk mencetak guru profesional dan berkompetensi dalam bidang pendidikan dan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dengan standar nasional pendidikan dan berhak menyandang sebagai guru bersertifikat pendidik.


BACA  : RANGKUMAN KISI-KISI SOAL PPG DALAM JABATAN 2018 - LENGKAP
Ada beberapa tahapan yang harus dilewati setiap peserta PPG untuk menjadi guru profesional dan mendapat sertifikat pendidik profesional, diantaranya:
1. Seleksi
2. Workshop
3. PPL
4. Uji Kompetensi
Pelaksanaan Program PPG diselengarakan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk dan memiliki lembaga pendidikan, tenaga kependidikan yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri.
  1. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bertujuan antara lain adalah :
  2. Untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan dan meilai pembelajaran.
  3. Untuk menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik.
  4. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan profesionalitas secara berkelanjutan.
Secara umum, pada dasarnya program Pendidikan profesi Guru (PPG) ini bertujuan untuk mewujudkan guru-guru yang memiliki kompetensi mendidik sesuai dengan bidannya masing-masing dan merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia.

Mekanisme dalam mendaftar PPG dalam Jabatan Tahun 2018:
1.   Buka aplikasi pendaftaran di alamat http://simpkb.id.
2.  Situs tersebut digunakan untuk melakukan pendaftaran calon Peserta PPG Dalam Jabatan  dengan menggunakan akun individu. Kemudian Guru melakukan pengunggahan hasil pindai dari ijazah asli S-1/ D-IV.
3.   Calon peserta PPG  menetapkan program studi yang akan diikuti dalam PPG yang linier dengan prodi yang tertera dalam ijazah S-1/ D-IV yang dimiliki.
4.   Calon peserta PPG mengisi nama perguruan tinggi dan Prodi sesuai dengan yang tertera dalam Ijazah S-1/ D-IV.
5.   Kemudian Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan(LPMP) akan melakukan verifikasi dan validasi  mengenai tingkat kesesuai antara program study PPG yang dipilih dengan program study pada Ijazah. Hasil validasi dan verifikasi akan dinyatakan dalam tiga kategori, yaitu :    a.  "Diterima " Jika program studi PPG  yang diambil sesuai dengan prodi dalam Ijazah.
b. "Ditolak" Jika prodi yang PPG yang dipilih tidak sesuai dengan Ijazah dan tidak          dimungkinkan adanya perbaikan.  
c. "Diperbaiki " Jika prodi PPG yang dipilih tidak sesuai dengan Ijazah , tetapi masih ada kemungkinan untuk melakukan perbaikan. 
6.   Calon peserta PPG yang lolos verifikasi dan validasi  yang berstatus diterima , dinyatakan sebagai peserta  pretest PPG dalam Jabatan .
7.  Tempat dan waktu pelaksanaan pretest akan diinformasikan setelah  proses plotting peserta pretest ke TUK selesai.  
Terkait dengan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2018, berikut kami sampaikan Contoh-contoh Soal PPG Guru TK Tahun 2018, dapat dipergunakan sebagai latihan mengerjakan soal-soal PPG, file dapat diunduh pada link download berikut :  

LINK UNDUHAN :  
> 1.    Kisi-kisi Seleksi PPG Dalam Jabatan - Pdf.  [ UNDUH ]
> 2.a. Contoh Soal PPG Guru TK Tahun 2018 Format.- Doc -  [ UNDUH ]
> 2.b. Contoh Soal PPG Guru TK Tahun 2018 Format - Pdf. -  [ UNDUH ]
> 3.a. Soal PPG Guru TK Tahun 2018 - XLS -  [ UNDUH ]
> 3.b. Soal PPG Guru TK Tahun 2018 - Pdf. - [ UNDUH ]

Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "UNDUH CONTOH SOAL PPG GURU DALAM JABATAN UNTUK GURU TK TAHUN 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel