PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS - HIGER ORDER THINKING - SD/MI

Pengembangan Soal HOTS SD/MI 

Sering kali kita mendengar dengan istilah HOTS.. (Higer Order Thinking Skills), terus yang menjadi pertanyaannya adalah : Apa itu HOTS (Higer Order Thinking Skills).. ? untuk menjawab dan mengupas tentang HOTS (Higer Order Thinking Skills) marilah kita simak lebih lanjut pengertiannya, seperti yang sudah admin paparkan dibawah ini.

Pengertian HOTS (Higher-Order Thinking Skills)

Tuntutan kurikulum 2013 (KURTILAS) merupakan keaktifan berlajar berpusat pada siswa, guru lebih banyak sebagai inspirator, generator dan membimbing siswa untuk menemukan konsepnya. Di dalam evaluasi Kegiatan Belajar, di adakan evaluasi pembelajaran. Soal yang dikembangkan pada kurikulum 2013 ini harus soal yang dapat membuat siswa berpikir kritis sehingga guru harus menyajikan soal yang Higher Order Thinking Skills (HOTS)

PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS - HIGER ORDER THINKING - SD/MI
PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS - HIGER ORDER THINKING - SD/MI
Soal HOTS adalah Soal yang dapat dan mberikan kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakonitif dan berpikir kreatif yang metupakan berpikir tingkat tinggi.

KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN :

Meningkatnya pemahaman guru SD tentang konsep penyusunan soal HOTS untuk Pendampingan Kurikulum 2013; dan Meningkatnya keterampilan guru SD untuk menyusun butir soal HOTS;

Apa Tujuan Soal HOTS?

Menurut Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D., HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya. "Jadi memang diperlukan kemampuan yang tidak biasa. (sumber : https://blog.ruangguru.com/apa-itu-higher-order-thinking-skills-hots-yang-akan-ada-di-sbmptn-2019 )

Soal-soal HOTS mengukur kemampuan:

1. transfer satu konsep ke konsep lainnya, 
2. memproses dan menerapkan informasi,
3. mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4. menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
5. menelaah ide dan informasi secara kritis.

Karakteristik Soal HOTS

1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami
2. Berbasis permasalahan kontekstual;
3. Stimulus menarik;
4. Tidak Familiar
5. Kebaruan

LANGKAH LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS

1.  Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal.
3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
4. Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
5. Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban. 

Contoh Soal Hots

Pengetahuan dan Pemahaman

Kompetensi Dasar : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

Materi                   : Pertumbuhan hewan
Kelas/Semester      : IV/2
Indikator Soal        : Siswa dapat menentukan tahapan awal siklus hidup hewan tertentu
Level Kognitif        : 1 (mengingat-C1)

Soal                        : Tahapan pertumbuhan ayam dimulai dari ….
Kunci                      : telur
Skor                        : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)

Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengingat) karena mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan

=================================================================================

Kompetensi Dasar    : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

Materi                    : Pertumbuhan hewan
Kelas/Semester       : IV/2

Indikator Soal   : Disajikan tahapan siklus hewan secara acak, siswa dapat mengurutkan tahapan siklus pertumbuhan hewan tersebut. 
Level Kognitif         : 1 (memahami-C2)
Soal                       :  

Urutan pertumbuhan hewan pada gambar di atas adalah …. 
                                A. (1), (2), (3), dan (4)
                                B. (2), (3), (4), dan (1)
                                C. (3), (1), (4), dan (2)
                                D. (3), (1), (2), dan (4)

Kunci                      : C
Skor                       : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)

Penjelasan:


Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (memahami) karena mengukur pemahaman siswa tentang konsep tertentu.

Lebih lengkap tentang Soal HOTS SD/MI silahkan unduh Panduan Pengembangan Soal HOTS SD/MI yang sudah kami persiapkan dibawah ini :

PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS SD/MI
(  DOWNLOAD )


WAJIB TAU :
Penyesuaian Pola Pikir Pembelajaran - HOTS
Pengembangan Penilaian - HOTS
Analisis Higger Order Thinking Skills 
Pengembangan Asesment HOTS. 
Terimakasih atas segala atensinya bapak dan ibu sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi website ini. semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS - HIGER ORDER THINKING - SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel